LOMBA DEBAT WARNAI ADMINISTRASI PUBLIK COMPETITION VOLUME 2 FISIP UGJ

LOMBA DEBAT WARNAI ADMINISTRASI PUBLIK COMPETITION VOLUME 2 FISIP UGJ

Admin | 26 Jan 2024

CIREBON – Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA-AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon gelar lomba debat dalam rangkaian kegiatan AP.Com Vol. 2 pada Jumat (26/01/24) di Auditorium Kampus 1 UGJ.

Kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Dekan I FISIP UGJ, Dr. Khaerudin Imawan, S.Sos.I., M.I.Kom., Kaprodi Administrasi Publik Dr. Sri Wulandari, S.Sos., M.Si., Sekretaris Prodi Administrasi Publik Aghnia Dian Lestari, S.I.Kom., M.I.Kom. Selain itu, kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA/SLTA Sederajat Se-Ciayumajakuning, dengan tema “Pendidikan di Era Society Vol.2” yang didampingi langsung oleh guru pendamping dari tiap-tiap perwakilan sekolah.

Wakil Dekan I FISIP UGJ  menyampaikan ucapan terimakasih kepada guru yang sudah mendampingi dan menghantarkan siswa-siswinya dalam kegiatan Lomba Debat yang dilaksanakan oleh HIMA-AP. Beliau juga memberikan apresiasi untuk panitia penyelenggara dan juga untuk siswa-siswa yang mengikuti lomba debat.

“saya apresiasi kepada panitia yang sudah menyelenggarakan lomba debat menjadi momentum luar biasa beberapa akhir waktu ini banyak sekali fenomena-fenomena debat dilingkungan kita baik di Tingkat nasional, layer kaca, maupun media sosial. Dan HIMA-AP sendiri memberikan arena debat khusus bagi siswa-siswi Tingkat SMA/SLTA Sederajat”, hal tersebut disampaikan kepada panitia penyelenggara yaitu mahasiswa Himpunan Administrasi Publik.

Selain itu, beliau menyampaikan apresiasi dan sedikit pesan kepada peserta lomba debat, “Pada lomba debat ini saya kira harus diapresiasi, calon-calon pemimpin bangsa harus belajar retorika, harus belajar berbicara, harus belajar berargumentasi. Debat itu seni mempertahankan pendapat, seni berargumentasi. Dalam debat harus kita pahami bahwa etika menjadi hal yang dominan, jangan sampai debat yang kita maknai sebagai nilai-nilai yang konstruktif, ternyata membangun image negatif dan hal itu tidak boleh terjadi. Momentum debat kali ini harus ada fokus yang dihasilkan dan mempunyai nilai”.

Pesan dan harapan beliau sampaikan dalam sambutannya sebagai pembuka acara Lomba Debat tersebut yang menjadi momentum luar biasa. Dikatakan pula bahwa argumentasi-argumentasi sendiri mempunyai nilai-nilai kebenaran yang ukurannya adalah aspek-aspek ilmiah dan deskripsi-deskripsi yang diharapkan tentu deskripsi yang mengarah pada konteks debat itu sendiri supaya tidak menjadi debat kusir atau debat yang tidak berkesudahan.

Pada akhir sambutannya beliau haturkan salam hangat dari Dekan FISIP UGJ yang tidak bisa hadir pada kegiatan tersebut dan doa supaya acara Lomba Debat dapat berjalan lancar dan sukses yang dapat memberikan manfaat bagi semua yang terlibat.